Bagaimana cara khusyuk

Bagaimana caranya khusyuk ?

Bisa jadi untuk sebagian orang memiliki cara dan kiat yang berbeda. Berikit ini mungkin salah satu yang bisa jadi cocok untuk saya dan Anda. Beberapa langkah yang dapat dicoba untuk mencapai khusyuk dalam mempelajari Al Quran ataupun ketika sedang melakukan Sholat adalah sebagai berikut.

Pertama, Khusyuk ini kaitannya dengan dengan hati. Khusyuk ini akan terwujud ketika hati kita bersih, untuk menjadi bersih tentu kita harus menjauhkan diri dari maksiat.

Kedua, karena khusyuk ini merupakan hadiah dari Allah SWT, karenanya kita perlu berdoa, meminta kepada Allah SWT untuk dapat khusyuk, baik dalam keadaan bersendiri maupun sedang bersama-sama orang lain.

Ketiga, dengan memahami makna yang sedang dilakukan atau yang sedang dibaca. Dengan pemahaman makna ini maka kita akan lebih mudah fokus kepada apa yang sedang kita lakukan, entah itu Sholat maupun sedang mentadaburi Al Quran.

Keempat, hindari memasukkan unsur keduniaan ketika kita akan menuju kegiatan ibadah yang membutuhkan khusyukan. Misalnya meninggalkan suatu kondisi yang menjadikan kita selalu memikirkan hal tersebut ketika kita melakukan ibadah yang membutuhkan ke khusyukan, apakah itu meninggalkan kendaraan yang tidak terkunci, tidak menonaktifkan handphone sehingga pesan-pesan yang masuk akan berpotensi mengganggu ke khusyukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *